Sabtu, 02 Mei 2015

Dongeng: LOMBA SUKSES



LOMBA SUKSES
Oleh: Cipta Nindya

Pada suatu hari di hutan belantara yang luas, diselenggarakan perlombaan yang akan diikuti oleh seluruh hewan di hutan. Perlombaan tersebut dinamakan Lomba Sukses. Lomba ini diadakan oleh Singa si Raja Hutan bersama dengan para pengawalnya.
Banyak hewan yang mendaftar untuk mengikuti perlombaan ini. Ikan, burung, harimau, buaya, kucing, bahkan kupu-kupu, cacing, dan belalang pun juga mengikuti perlombaan ini. Lomba ini terdiri atas 3 cabang lomba yang akan dilaksanakan selama satu hari, yakni lomba berenang, berlari, dan terbang.
Seperti halnya hewan-hewan lain, Garuda pun mengikuti perlombaan ini dengan harapan agar bisa memenangkan lomba tersebut. Dengan penuh keberanian, Garuda mendaftarkan diri pada ketiga lomba tersebut. Garuda merasa percaya diri karena dia telah mempersiapkan diri untuk lomba tersebut.
“Aku pasti bisa memenangkan perlombaan ini. Aku kan sudah mempersiapkan diri selama 1 tahun. Aku pasti menang,” kata Garuda dengan bangga.
Pada hari perlombaan, Garuda sudah siap berada di urutan pertama dalam lomba berenang bersama peserta lainnya. Ikan paus, buaya, lumba-lumba, juga turut serta dalam perlombaan tersebut. Ketika peluit dibunyikan, Garuda pun menyelami sungai dan berenang sekuat tenaga.
“Aku harus menang. Aku pasti menang.” Garuda berenang sambil terengah-engah.
Namun sayang, Garuda tak memenangkan lomba berenang. Dia dikalahkan oleh ikan paus. Garuda merasa marah dan tidak terima atas kekalahannya.
Siang harinya, dilaksanakan lomba berlari. Garuda tak mau kalah, sekalipun lawannya adalah harimau, rusa, dan zebra.
“Selamat bertanding Garuda. Semoga kita bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” kata rusa.
Garuda tak menanggapinya. Dia hanya fokus pada tujuannya untuk menang.
“Bersedia? Siap? Mulai!”
Seketika itu juga Garuda berlari dengan kencang agar dapat memenangkan lomba berlari. Namun apa yang terjadi? Garuda tak dapat memenangkan lomba berlari. Dia dikalahkan oleh harimau. Lagi-lagi Garuda marah dan tidak mau menerima kekalahannya.
Sore harinya, perlombaan terakir adalah lomba terbang. Garuda optimis sekali pasti bisa memenangkan lomba terbang.
“Kali ini aku pasti memenangkan pertandingan terbang ini. Seluruh belantara pun tahu, aku si jago terbang,” Garuda menyombongkan diri.
“Semangat Garudaa…. Kamu pasti bisaaa….” teriak kucing menyemangati.
“Sudah jelas aku yang akan menang. Tidak ada satu pun hewan di belantara ini yang terbangnya sehebat aku!” Garuda semakin menyombongkan diri.
“Priiiiiiiit…..” peluit dibunyikan, Garuda mengepakkan sayap selebar mungkin agar dapat terbang dengan cepat. Namun siapa sangka? Ternyata Garuda kalah dalam lomba terbang. Dia dikalahkan oleh burung merpati yang kecil. Taukah kamu mengapa Garuda dapat terkalahkan? Karena tenaga Garuda telah habis setelah mengikuti lomba berenang dan lomba berlari.
Garuda ternyata tidak dapat menjadi pemenang dalam Lomba Sukses. Garuda menyesal dengan keputusannya mengikuti ketiga lomba tersebut. Dia berjanji kepada dirinya sendiri untuk tidak bersikap sombong lagi, karena sombong hanya dapat merugikan diri sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar